Phone: (0351) 452970

Email: sekretariat@pnm.ac.id

Silabus Program Studi D3 Teknologi Informasi


No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 TI20101 Komputasi Matematika Mampu Menjelaskan bilangan kompleks, matriks, aljabar vektor, turunan fungsi, Memahami konsep-konsep bilangan kompleks, determinan, matriks, vektor, diferensial, integral
2 TI20102 Konsep Teknologi Informasi Memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang perkembangan teknologi informasi meliputi hardware, software, jaringan komputer, serta etika penggunaan TI.
3 TI20103 Jaringan Komputer 1 Memberikan pemahaman dan pengetahuan untuk mengenal konsep dasar, prinsip kerja, dan teknologi jaringan komputer, baik media jaringan kabel maupun nirkabel.
4 TI20104 Praktik Jaringan Komputer 1 Kemampuan untuk dapat membangun jaringan PAN, LAN, MAN, WAN, Wireless, dan Internet.
5 TI20105 Algoritma dan Struktur Data Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana proses logika yang berlangsung pada control unit, dengan teori-teori logika dan algoritma, beserta operator-operator dan operan logika. Mendefinisikan Algoritma dan pemrograman serta mengenal bahasa pemrograman dasar dan perkembangannya a. Mahasiswa mampu untuk membuat primitif ADT dan memakainya untuk program yang berstruktur data kompleks dalam paradigma imperatif b. Mahasiswa mampu melakukan pengorganisasian data dengan tepat c. Mahasiswa mampu memilih metode di dalam struktur data yang tepat dalam penerapan ke dalam bahasa pemrograman d. Mahasiswa mampu mengimplementasikan struktur data kedalam bahasa pemrograman
6 TI20106 Praktik Algoritma dan Struktur Data Mahasiswa mampu menginstall compiler bahasa C/C+ dan menggunakannya. Mahasiswa membuat program sederhana dengan menggunakan bahasa C, berdasarkan logika dan algoritma, operator, operan, variabel, fungsi dan prosedur. a. Mahasiswa dituntut untuk dapat merancang dan memilih struktur data yang sesuai dengan suatu masalah, mengimplementasikannya, dan melakukan analisis secara umum pada algoritma yang digunakan untuk memanipulasi data. b. Mahasiswa dapat merancang, memilih, dan mengimplementasikan Struktur Data sesuai dengan permasalahan yang diberikan
7 TI20107 Desain dan Analisis sistem Matakuliah ini bertujuan untuk membantu mahasiswa menghargai realitas pengembangan perangkat lunak berbasis tim dalam lingkungan industri, dengan kebutuhan pelanggan, keterbatasan anggaran dan deadline yang harus dipenuhi. Melalui pengalaman langsung dengan toolkit pengembangan industri yang diterapkan pada sistem perangkat lunak large open source, mahasiswa akan mendapatkan apresiasi terhadap tantangan pengembangan green and brownfield sofwtare, bersama dengan pemahaman tentang praktek konsep rekayasa perangkat lunak dasar. Mahasiiswa akan memiliki keterampilan inti yang dibutuhkan oleh seorang insinyur perangkat lunak yang berlatih, dan akan siap untuk menjadi anggota yang produktif dan berharga dari setiap tim perangkat lunak modern.
8 TI20108 Praktik Desain dan Analisis sistem 1. Mengetahui Perangkat Lunak, Rekayasa Perangkat Lunak dan model-model proses dalam mengembangkan perangkat lunak. 2. Mengetahui permasalahan dalam dunia sehari-hari dan bisa memberikan solusi dalam menciptakan Perangkat Lunak khususnya dalam Analisis Perangkat Lunak baik untuk Perangkat Lunak baru maupun dalam mengembangkan Perangkat Lunak yang telah ada. 3. Mampu Menjelaskan dan dapat menyebutkan kebutuhan-kebutuhan sistem yang akan dibuat baik kebutuhan fungsioanal sistem dan kebutuhan non fungsional sistem. 4. Mampu Menjelaskan dan dapat menentukan entitas (objek) yang terlibat dalam sistem 5. Mampu Menjelaskan dan dapat menentukan atribut-atribut dalam setiap entitas sehingga dapat menciptakan kamus data untuk digunakan acuan dalam menyusun DAD 6. Mampu Menjelaskan dan mampu menciptakan Diagram Alir Data mulai dari Diagram Konteks, Diagram Alir Data Level satu, Diagram Alir Data Level 2 dst. 7. Mengetahui dan Mampu Menjelaskan model-model diagram pada UML (Unified Modeling Language). 8. Mengetahui dan dapat membuat diagram Use Case. 9. Mengetahui dan dapat membuat diagram Activity 10. Mengetahui dan dapat membuat diagram Class 11. Mengetahui dan dapat membuat diagram Sequence 12. Mengetahui dan dapat menyusun SRS (Software Requirement Spesification)
9 TI20109 Konsep Basis Data 1.mahasiswa mampu menjelaskan konsep yang terdapat di dalam basis data 2. Mahasiswa dapat mengerti dan memahami elemen–elemen yang berada di dalam lingkungan basis data 3. Mahasiswa dapat mengerti dan memahami konsep tentang model data relasional, aturan aturannya serta bahasa yang digunakan. 4. Mahasiswa dapat mengerti dan memahami perintah–perintah SQL. 5. Mahasiswa dapat mengetahui contoh–contoh DBMS yang menggunakan model data relasional. 6. Mahasiswa dapat mengerti dan memahami alat bantu perancangan basis data.
10 TI20110 Praktik Manajemen Basis Data Mampu Menjelaskan dan menguasai konsep basis data, model data relasional, implementasi basis data, penggunaan bahasa query (SQL) untuk melakukan pengisian data, pencarian data, penyaringan data, penghapusan data, update data, store procedure, dan function.
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 TI20201 Pendidikan Agama Mahasiswa Memahami dan menghayati aspek-aspek yang berhubungan dengan makluk hidup dan meningkatkan keimanannya kepada Khaliq serta ghaib lainnya, memahami, menghayati dan melaksanakan ajaran agama Islam
2 TI20202 Pemrograman Mobile 1 Mampu Menjelaskan aplikasi android, activity, intent, layout, widget, text view, edit text, button, checkbox, radio button, image view, image button, dialog, list view, spinner view, time picker, dan date picker. Memahami konsep pemrograman android, seperti array, akses file, SQLite, dan fungsi.
3 TI20203 Praktik Pemrograman Mobile 1 Mampu melakukan instalasi android studio, membuat/menerapkan activity, intent layout, widget, text view, edit text, button, checkbox, radio button, image view, image button, dialog, list view, spinner view, time picker, dan date picker. Membuat aplikasi android sederhana dengan konsep pemrograman android, seperti array, akses file, SQLite, dan fungsi.
4 TI20204 Bahasa Inggris Mampu Menjelaskan struktur kalimat dalam Bahasa Inggris, Mampu Menjelaskan ungkapan-ungkapan dasar dalam Bahasa Inggris dalam konteks yang terbatas khususnya dalam bidang teknologi informasi
5 TI20205 Pemrograman Berbasis obyek a. Mahasiswa dapat Mengerti Ciri dan Konsep Dasar dari Pemrograman Berbasis Objek b. Mahasiswa Mampu Menjelaskan konsep dasar pemrograman berorientasi obyek dan pemrograman visual, yaitu : Obyek, Properti, Event, Pengkapsulan, Pewarisan dan Polymorphism.
6 TI20206 Praktik Pemrograman Berbasis obyek Mahasiswa mampu menulis kode program dengan konsep dasar pemrograman berbasis obyek. Mahasiswa Mampu Menjelaskan dan mampu menerapkan konsep dasar pemrograman berorientasi obyek dan pemrograman visual, yaitu: class, obyek, attribute, method, event, array, exception dan input/output streams, pengkapsulan, pewarisan dan polymorphism.
7 TI20207 Desain & Pemrograman Web 1. Mampu Menjelaskan terminologi, mekanisme kerja, dan pemanfaatan teknologi web. 2. Membuat website yang menyediakan konten visual web statis dengan memanfaatkan HTML, CSS, Javascript. 3. Membuat aplikasi berbasis web dinamis dengan memanfaatkan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL sebagai database penyimpan. 4. Membuat sistem informasi berbasis web dinamis dengan memadukan HTML, CSS, Javascript dan PHP dengan dukungan database MySQL.
8 TI20208 Praktik Desain dan Pemrograman Web 1. Mampu Menjelaskan terminologi, mekanisme kerja, dan pemanfaatan teknologi web. 2. Membuat website yang menyediakan konten visual web statis dengan memanfaatkan HTML, CSS, Javascript. 3. Membuat aplikasi berbasis web dinamis dengan memanfaatkan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL sebagai database penyimpan. 4. Membuat sistem informasi berbasis web dinamis dengan memadukan HTML, CSS, Javascript dan PHP dengan dukungan database MySQL.
9 TI20209 Jaringan Komputer 2 Mahasiswa akan mampu merancang, mengimplementasikan dan menganalisa Infrastruktur jaringan komputer dari segi performansi, security dan availability sebuah sistem jaringan komputer
10 TI20210 Praktik Jaringan Komputer 2 Mahasiswa akan mampu merancang, mengimplementasikan dan menganalisa Infrastruktur jaringan komputer dari segi performansi, security dan availability sebuah sistem jaringan komputer
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 TI20301 Multimedia -
2 TI20302 Praktik Multimedia -
3 TI20303 Sistem Cerdas Mampu berpikir logis, kritis dan sistematis serta kreativitas dalam menyelesaiakan suatu persoalan yang berkaitan dengan kecerdasan buatan, mahasiswa mampu merancang dan membuat sistem cerdas.
4 TI20304 Praktik Sistem Cerdas -
5 TI20305 BioInformatika -
6 TI20306 Manajemen Proyek a. Mahasiswa diharapkan dapat Menjelaskan konsep berbasis teknologi informasi, b. Mahasiswa diharapkan dapat merencanakan dan strategi sumber daya informasi, organisasi dalam kerangka proyek manajemen system informasi serta model dan metodologi system informasi
7 TI20307 Pemrograman Mobile 2 -
8 TI20308 Praktik Pemrograman Mobile 2 -
9 TI20309 Perancangan dan Administrasi Jaringan Memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang rancang bangun jaringan client server, manajemen jaringan, serta administrasi terhadap jaringan.
10 TI20310 Praktik Perancangan dan Administrasi Jaringan Kemampuan untuk dapat melakukan rancang bangun jaringan client server, manajemen jaringan, serta administrasi terhadap jaringan.
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 TI20401 Pendidikan Pancasila a) Mahasiswa Menjadi Pribadi yang Mengetahui Hak dan Kewajibannya sebagai Warga Negara Indonesia, Menjadi Pribadi yang Bertoleransi Tinggi dan Cinta Damai, Menjadi Sosok yang Mengenal dan Berpartisipasi dalam Kehidupan Politik Lokal, Nasional, dan Internasional b) Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia.
2 TI20402 Digital Enterpreneurship Mengerti kewirausahaan di era digital, memiliki jiwa kewirausahaan berbasis teknologi informasi, mengetahui motivasi dalam peningkatan produktivitas, mampu menganalisis BEP, mengerti jenis-jenis perusahaan digital, mengerti administrasi keuangan, aspek teknis dalam SKB dan mampu menganalisis kelayakan financial rencana usaha, mampu mengadakan dan mengerti pemasaran dalam era industri 4.0
3 TI20403 Forensik Digital -
4 TI20404 Tata kelola Teknologi Informasi Mahasiswa Mampu Menjelaskan Tata Kelola Teknologi Informasi (TKTI) dan hal-hal yang terkait di dalamnya.
5 TI20405 Kriptografi dan Keamanan Informasi -
6 TI20406 Aplikasi Pengolahan Big Data -
7 TI20407 Proyek TI -
8 TI20408 Praktik Cloud Computing Mampu Mampu Menjelaskan teknik, teknologi, arsitektur, jaringan, model program, pengembangan aplikasi, dan studi kasus terkait komputasi awan.
9 TI20409 Keamanan Sistem dan Jaringan Memberikan pemahaman dan pengetahuan untuk mengenal dasar keamanan sistem dan jaringan, teknik-teknik penyerangan dan pengamanan jaringan
10 TI20410 Praktik Keamanan Sistem dan Jaringan Kemampuan untuk dapat melakukan keamanan sistem dan jaringan, teknik-teknik penyerangan, serta pengamanan jaringan
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 TI20501 Praktik Kerja lapangan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 TI20601 Bahasa Indonesia Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat : 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi ide dan usulan penelitian rielnya 2. Mampu membangun kerangka dan metodologi penelitian yang dinamis 3. Mampu menyelesaikan permasalahan teknis dan non teknis dalam penelitian 4. Mampu menyajikan proses penelitian dengan penulisan akademis 2. Mampu mempresentasikan hasil penelitian secara baik
2 TI20602 Kewarganegaraan 1. Memberikan pengetahuan tentang pendidikan kewarganegaraa, termasuk mengenai hak dan kewajiban negara dan warga Negara 2. Memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang wawasan nusantara, ketahanan nasional, serta HAM dan Rule of Law 3. Mengenalkan tentang politik dan strategi nasional kepada mahasiswa
3 TI20603 Standart Internasional dan Keselamatan Kerja Mahasiswa Mampu Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan kecelakaan kerja baik factorteknis, non teknis dan lingkungan, mengetahui sejarah terbentuknya ikatan- ikatan keselamatan kerja dan statistik kecelakaan akibat kerja, UU yangmengatur tentang K3, mengetahui bahaya kebakaran,peledakan, kelistrikan, bahan-bahan berbahaya,
4 TI20604 Etika Profesi Bidang TI Mampu Menjelaskan tentang Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan hak cipta dan hak paten
5 TI20605 Bahasa Inggris Terapan Menggunakan fungsi bahasa untuk mendefinisikan, mendeskripsikan, melaporkan, menjelaskan, memaparkan dan mengemukakan pendapat serta mampu menyusun Application Letter dan Curriculum Vitae serta menjawab pertanyaan dalam Job Interview
6 TI20606 Tugas Akhir -