Phone: (0351) 452970

Email: sekretariat@pnm.ac.id

Vocational School Graduate Academy VSGA digital talent scholarship 2019 BPSDMP KOMINFO


Program Vocational School Graduate Academy (VSGA) merupakan program pelatihan bidang TIK yang berfokus untuk meningkatkan kompetensi bagi 5.225 orang lulusan SMK yang belum bekerja. Program VSGA bertujuan untuk mencetak talenta/SDM level teknisi dalam bidang digital, khususnya dalam bidang Junior Network Administrator, Junior Graphic Designer, Junior Web Developer, Junior Mobile Programmer, dan Intermediate Animator. 

Edwin Kusuma Mahasiswa TI kelas 2A berkesempatan mengikuti kegiatan VSGA digital talent scholarship 2019 di Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada (UGM) pada tanggal 01-31 Juli 2019.

Pelatihan ini meliputi unit kompetensi utama sebagai berikut:

  1. Membuat Komposisi Teknik Layer 2 Dimensi (2D Compositing)
  2. Membuat Aset Visual Berdasarkan Langkah Kerja yang Telah Ditetapkan
  3. Membuat Gerak Digital Non Character
  4. Membuat Model Digital Hardsurface 3 Dimensi
  5. Membuat Pencitraan Gambar Digital (Rendering)
  6. Membuat Pencitraan Cahaya Digital
  7. Membuat Pencitraan Sifat Permukaan (Shading)
  8. Membuat Komposisi Teknik Layer 3 Dimensi (3D Compositor) 9. Membuat Sudut Pandang Kamera Digital

Penyelenggaraan program VSGA berlangsung selama 72 jam pelajaran yang meliputi kegiatan pelatihan tatap muka (offline), kelas pendamping atau add on, uji kompetensi dan sertifikasi. Dalam penyelenggaraan program VSGA, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan 23 politeknik negeri yang tersebar di seluruh Indonesia dan Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSP). Politeknik dalam program ini berperan menjadi penyedia sarana dan prasarana serta instruktur pelatihan sesuai skema pelatihan. Pada akhir pelatihan, peserta pelatihan akan disertifikasi kompetensi berbasis SKKNI oleh LSP.

Kelas pendamping atau add on yang akan didapatkan oleh peserta VSGA adalah kewirausahaan digital (Digipreneur) dan Soft Skills DevelopmentDigipreneur bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja terampil di bidang TIK yang memiliki wawasan kewirausahaan untuk terus berinovasi di industri 4.0. Pelatihan yang akan dilaksanakan secara online ini akan menambah pengetahuan dan keterampilan peserta dalam bidang kewirausahaan digital, cara memulai usaha digital, sampai dengan cara mengelola usaha digital. Materi pelatihan akan disampaikan oleh tokoh-tokoh digital dari berbagai bidang seperti bidang kesehatan, makanan, properti, pertanian, transportasi, games, crowdfundinge-commerce, dan fintech. Sedangkan Soft Skills Development, bertujuan agar Peserta DTS 2019 menjadi pribadi yang mampu bersaing di era digital, memiliki inisiatif, bertindak secara efektif, serta dapat menyesuaikan diri dengan dunia kerja. Pelatihan akan dilakukan secara online melalui platform e-learning. Materi akan disampaikan oleh tenaga profesional dalam bentuk video dan presentasi.

Diharapkan, dengan terselenggaranya program VSGA ini dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa TI khususnya lulusan SMK yang akan berdampak dalam upaya pengurangan angka pengangguran serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi. Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam hal ini berupaya untuk menciptakan ekosistem seimbang dalam memaksimalkan peran triple helix (instansi pemerintahan, sektor swasta, dan institusi pendidikan) untuk menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital.