Phone: (0351) 452970

Email: sekretariat@pnm.ac.id

Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Teknisi Muda Jaringan Komputer Berbasis SKKNI BPPTIK KOMINFO


BPPTIK Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Mengadakan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Berbasis SKKNI Tahun 2019. Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung BPPTIK Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Muhammad Hasan Mahasiswa TI Kelas 2B adalah namaku, menjadi salah satu Peserta yang beruntung telah berhasil mengikuti proses seleksi Pendaftaran Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Berbasis SKKNI Tahun 2019.  

Saat itu adalah semester keduaku di Politeknik Negeri Madiun,suatu ketika ada seorang dosen yang membagikan informasi mengenai sebuah pelatihan yang diadakan oleh BPPTIK (Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknlogi Informasi dan Komunikasi), pelatihan ini adalah pelatihan sekaligus sertifikasi kompetensi bidang TIK yang berbasis SKKNI. Aku sebagai mahasiswa prodi Teknologi Informasi pun tertarik dengan informasi itu, dan akupun mulai kepo dengan pelatihan ini, di pelatihan ini BPPTIK punya 4 program pelatihan yang dapat diikuti yaitu 1. Junior Graphic Design,2. Junior Office Application,3. Junior Web Programming,4. Teknisi Muda Jaringan Komputer, di kategori ke 4 inilah aku sangat tertarik karena sangat cocok dengan latar belakangku yang dari lulusan SMK jurusan TKJ. Untuk dapat mengikuti kegiatan ini, calon peserta harus memenuhi persyaratan,mendaftar secara online, dan lolos seleksi pastinya, karena BPPTIK hanya menyediakan 120 kuota peserta dari seluruh peserta yang mendaftar dari seluruh Indonesia.

Yang membuat orang berbondong-bondong mendaftar karena kegiatan ini tidak dipungut biaya dan asiknya semua fasilitas disediakan termasuk Asrama penginapan dan konsumsi. Kegiatan ini diprioritaskan untuk angkatan kerja muda yang minimal telah lulus SMK/SMA/sederajat,dan diselenggarakan di BPPTIK sendiri yang berlokasi di Jl. Sekolah Hijau NO.2,Jababeka,Cikarang,Kabupaten Bekasi,Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan di hari senin sampai dengan jumat selama 5 hari, yang akan dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pertama 3 hari untuk pelatihan dan sesi kedua 2 hari untuk uji kompetensi (sertifikasi). Kegiatan asesmen dan uji kompetensi ini akan dilaksanakan oleh asesor yang berjumlah 21 orang dan setiap orang asesor menguji 10 orang peserta.
Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka persiapan sumber daya manusia nasional dalam revolusi industri 4.0,dimana di era digital ini kita sebagai generasi muda harus mampu berpikir secara kreatif dan inovatif, menjadi fast learner, percaya diri, mampu berkolaborasi, dan mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Di sana tidak hanya pelatihan mengenai program yang anda pilih namun juga akan diberikan seminar yang dapat menambah pengetahuan anda, salah satu materinya yaitu betapa petingnya menumbuhkan jiwa enterpreneurship, sikap dan semangat enterpeneurship perlu diperhatikan mengingat persaingan industri kerja yang semakin ketat. Jadi ketika mengikuti kegiatan ini kita tidak hanya akan mendapatkan keterampilan namun juga akan mendapatkan pengetahuan, sikap kerja, dan relasi yang banyak pastinya.