Phone: (0351) 452970

Email: sekretariat@pnm.ac.id

Keunggulan keilmuan Program Studi Teknologi Informasi


Program Studi Teknologi Informasi yang dahulu merupakan bagian dari computer science, sekarang merupakan bidang studi tersendiri di bawah naungan kurikulum Information Technology. Bidang studi Teknologi Informasi ini berfokus pada aspek “teknologi” sebagai penunjang (supporting), penentu/pengarah (driver), maupun pemungkin (enabler) aktivitas inti dan pokok bagi organisasi yang menggunakannya. Oleh karena itulah, maka dipelajari berbagai strategi penerapan teknologi yang dimaksud, tanpa mendalami terlalu jauh konsep dan dasar teorinya (pragmatis).

Secara kurikulum, keunggulan dari penguasaan disiplin ilmu ini adalah pada penerapan apa yang disebut sebagai “IT Terapan dan IT Preneur”, suatu prinsip tata kelola dan hubungan keterkaitan antara sumber daya teknologi agar menghasilkan nilai tambah yang jauh lebih besar dari biaya yang dialokasikan padanya ketika merencanakan, membangun, menerapkan, mengevaluasi, mengawasi, dan mengembangkannya. Ilustrasi relasi antara keilmuan Teknologi Informasi dengan bidang ilmu lainnya ditampilkan dalam Gambar berikut (sumber: Panduan Penyusunan Kurikulum Rumpun Ilmu Informatika versi 1.5)

Gambar tersebut diatas menjelaskan bahwa dalam matrik ini domain vertikal menggambarkan tingkat konseptualitas dan atau teknikalitas pembahasan serta penguasaan ilmu IT (Information Technology) semakin ke bawah, semakin tinggi tingkat teknikalitasnya, sementara semakin ke atas, semakin tinggi tingkat konseptualitasnya. Sementara untuk domain horisontal, semakin ke kiri semakin banyak diseminasi dan penguasaan kompetensi yang berlandaskan teori pengetahuan, sementara semakin ke kanan semakin menunjukkan arah penguasaan kompetensi yang lebih pada ilmu terapan.

Dengan menggunakan dua dimensi inilah domain keilmuan kelima bidang Information Technology (IT) dicirikan dan dibedakan. Dari berbagai jenis profesi pekerjaan di bidang IT yang dikenal saat ini, secara bidang keilmuan, dan dengan menggunakan matrik di atas, maka bidang studi peminatan IT dapat diklasifikasikan menjadi 5 (lima) kategori besar, yaitu:

(i)Computer Engineering (CE); (ii)Computer Science (CS); (iii)Software Engineering (SE); (iv)Information System (IS); dan (v)Information Technology (IT)

Posisi bidang studi IT yang berada pada matrik sebelah kanan yang lebih ditekankan pada aspek terapan sangat relevan dengan  program studi Vokasi D-III Teknologi Informasi ini.